Tuesday 2 July 2013

OBRAL Pahala di Bulan Ramadhan

Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dari Salman r.a. ujarnya:
Rasulullah saw pada hari terakhir dari bulan Sya’ban berkhuthbah di hadapan kami.
Maka beliau bersabda:”Wahai manusia, sesungguhnya kalian akan dinaungi oleh suatu bulan yang agung lagi penuh berkah, yaitu bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan; bulan yang Allah telah menjadikanpuasa pada siang harinyasebagai suatu kewajiban dan qiyam (shalat) pada malam harinya sebagai suatu tahawwu’ (ibadah sunnah yang sangat dianjurkan).
Siapa saja yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan (sunnah) di dalamnya, maka (ia diganjar pahala) sama seperti menunaikan kewajiban (fardlu) di bulan yang lain.
Dan siapa saja yang menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan, maka (ia diganjar pahala) sama dengan orang yang mengerjakan 70 kali kewajiban tersebut di bulan yang lain.
Ramadhan adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga (al jannah).
Ramadhan itu adalah bulan memberikan pertolongan dan bulan Allah menambah rizki para mukmin.
Siapa saja yang pada bulan itu memberikan makanan berbuka kepada orang yang puasa, maka perbuatan itu menjadi pengampunan atas dosa-dosanya, kemerdekaan dirinya dari api neraka, dan ia mendapatkan pahala seperti pahala orang berpuasa yang diberinya makanan berbuka itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu”.
Para sahabat adayg berkata: “Ya Rasululullah, tidak semua dari kami memiliki makanan berbuka untuk orang-orang yang berpuasa.”
Rasulullah saw. pun menjawab: “Allah memberikan pahala tersebut kepada orang yang memberikan sekalipun hanya sebutir korma atau sekedar seteguk air atau sehirup susu.
Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang permulaannya adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, dan akhirnya adalah pembebasan dari neraka.
Siapa saja yang meringankan beban dari hamba sahaya-nya, niscaya Allah mengampuni dosanya dan membebaskannya dari api neraka.
Karena itu perbanyaklah empat perkara di bulan Ramadhan ini.Dua perkara yang dengannya kalian menyenangkan Tuhan kalian dan dua perkara lainnya sangat kalian butuhkan.
Dua perkara yang kalian lakukan untuk menyenangkan Tuhan kalian adalah: mengakui dengan sesungguhnya bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan kalian memohon ampunan kepada-Nya.
Adapun dua perkara yang sangat kalian butuhkan adalah kalian memohon surgaNya dan berlindung dari api neraka-Nya.
Siapa saja yang memberi minum kepada orang yang berpuasa niscaya Allah akan memberinya minum dari air kolamku dengan suatu minuman yang dia tidak merasa haus lagi sesudahnya hingga ia masuk surga.”
———
Dari pidato nabi dapat diambil kesimpulan bahwa rasulullah memberikan penjelasan mengenai keutamaan/keistimewaan bulan ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya dan memberikan contoh amalan2x untuk menjemputnya ..
Kalau kita bilang ramadhan bulan istimewa berarti ada 2 hal yg membikin istimewa, yaitu karena hanya spesial ada dibulan ramadhan dan tidak ada dibulan2x lainnya atau sama2x ada dibulan-bulan lainya tetapi mempunyai nilai lebih ..
Keistimewaan Ramadhan diantaranya:
- Bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan –> dibulan lain juga ada tetapi nilainya lebih banyakdibulan ramadhan
- Syaitan dibelenggu –> hanya ada dibulan ramadhan, syaitan disini adalah yg dari golongan jin (musuh utama berkurang satu)
- Pintu neraka ditutup-tutup rapat –> hanya ada di bulan ramadhan
- Semua Pintu Surga dibuka lebar-lebar, ada 8 buah pintu Surga, bau harumnya sdh bisa tercium sejauh perjalanan 70 tahun
- Nilai pahala dilipatgandakan –> hnya ada di bulan ramadhan, nilai amalan sunnah dibalas seperti amalan wajib dibulan lain, dan nilai amalan wajib dibalas seperti melakukan 70 amalan wajib dibulan lain, dan juga khusus dibulan ramadhan ada malam Lailatul Qadr,malam lebih baik dari 1000 bulan (83tahun).. Subhanallah, jika kita beribadah di malam tsb. nilainya sama dg beribadah selama 83tahun..
4 Perkara yang dianjurkan utk diperbanyak membaca
- Syahadat : Asyahadu alla illaaha illallah
- Istighfar : Astaghfirullah
- Memohon Surga : Allahumma inna nas’aluka ridhoka wal jannah (ya Allah aku memohon ridhoMu dan SurgaMu)
- Memohon berlindungkpd Allahdari api neraka :wa naudzubika min sakhatika wannar (dan aku berlindung kepadaMu dari murkaMu dan dari api neraka)
13 Amalan unggulan sesuai pidato nabi dan sunnah nabi
1. Puasa
Kewajiban puasa bagi manusia jika tidak ada udzur (sakit, safar). Bersyukurlah bagi yg bs berpuasa di bulan ramadhan krn nilai mengqadha puasa dibulan lain sdh berbeda.
keutamaan2x puasa sangat banyak diantaranya
- Diriwayatkan dari Muslim :
“Semua amalan bani adam akan dilipatgandakan, satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat hingga 700 kali lipatnya, Allah ta’ala berfirman, ‘Kecuali puasa sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan aku yang akan membalasnya, ia meninggalkan syahwat dan makannya karena aku, maka Aku yang akan membalasnya.’ Dan bagi orang yang berpuasa mempunyai dua kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-nya. Benar-benar mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum daripada harumnya misk”
- Doa orang berpuasa adalah mustajab
- Malaikat akan memohonkan ampun kepada orang berpuasa sampai dia berbuka
- Orang berpuasa akan mendapatkan Pintu surga khusus yaitu Ar Rayyan
2. Sahur–> mengakhirkan sahur
Didalam sahur ada berkah, diriwayat lain malaikat akan berdoa dan memohonkan ampun saat orang bersahur
3. Berbuka -> menyegerakan berbuka jika sudah waktunya
Menyegerakan berbuka menghasilkan kebaikan.Dari Sahl bin Sa’ad ra. Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya),”Manusia akan terus dalam kebaikan selama menyegerakan buka.” (HR Bukhari dan Muslim)
Menyegerakan buka adalah sunnah Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu,Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda(yang artinya),”Umatku akan terus dalam sunnahku selama mereka tidak menunggu bintang ketika berbuka (puasa).” (HR Ibnu Hibban)
4. Memberibuka orang berpuasa
- Akan mendapatkan keutamaan nilaipahala sebagaimana nilai pahalanya orang yg berpuasa yang berbuka tsb. tanpa mengurangi pahalanya orang berpuasatsb.
- Akan mendapatkan pengampunan atas dosa-dosanya dan dijauhkan dari api neraka
5. Zikir / Kalimat Al Tayyibah
Amalan yang ringan diucapkan tapi berat timbangan pahalanya
6. Doa
Doa untuk menyongsong lailatul qadr : Allahumma Innaka Affuwun, Tuhibul Afwa fa’fuana (ya Allah Engkau Maha Pengampun, menyukai permohonan ampun, Ampunilah hamba ini)
7. Tarawih –> nilai pahalanya seperti pahala sholatwajib
8. Meringankan Beban Pembantu –> diampuni dosa2xnya dan dijauhkan dari api neraka
9.Sedekah –> dibulan ramadhan rasulullah adalah orang yang paling dermawan
10. I’tikaf
11. Tilawah Alquran
12. Zakat
13. Umroh –> Umroh dibulan ramadhan pahalanya seperti haji
Ayooo kita tingkatkan ketakwaan kita …. Allah sedang OBRAL PAHALA di bulan RAMADHAN .. semua amalan nilai pahalanya dilipatgandakan … dan artian bahwa dibukanya pintu surga lebar-lebar yaitu bahwa jalan kesana sangat mudah hanya berbekal amalan ringan/kecil bisa menghantarkan kita ke surganya Allah …
dan mari kita sama-samaberdoa untuk ketakwaan yg kita lakukan bisa berlanjut juga setelahramadhan .. amiin

*Sumber: http://mutiaraiman.blogdetik.com/

No comments:

Post a Comment